Selasa, 03 Mei 2016

KEPEMIMPINAN EFEKTIF: PANDANGAN TEORI PERILAKU (TWO DIMENSIONAL LEADERSHIP)




KEPEMIMPINAN EFEKTIF: PANDANGAN TEORI PERILAKU 
(TWO DIMENSIONAL LEADERSHIP)



A.    Pengertian Teori Perilaku dalam Kepemimpinan Efektif
Teori Perilaku disebut juga dengan hawthorne effect karena diperoleh dari hasil penelitian atas perusahaan listrik Howthorne Works di luar kota Chicago yang dilakukan oleh kelompok peneliti dari Harvard pada tahun 1925. Teori ini mengatakan bahwa para pegawai akan meningkatkan produktivitasnya jika mereka mendapatkan perhatian khusus dari manajemen. Teori ini juga menekankan pada apa yang dilakukan oleh seorang pemimpin. Dikemukakan, terdapat perilaku yang membedakan pemimpin dari yang bukan pemimpin. Jika suatu penelitian berhasil menemukan perilaku khas yang menunjukkan keberhasilan seorang pemimpin, maka implikasinya ialah seseorang pada dasarnya dapat dididik dan dilatih untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif. Keberhasilan kepemimpinan tidak semata-mata ditentukan oleh karakter personal, tetapi justru banyak ditentukan dari apa yang dilakukan pemimpin. Keefektifan kepemimpinan banyak tergantung pada perilaku yang diterapkan pemimpin dalam situasi organisasi. Menurut Wiyono (2013), salah satu teori kepemimpinan berbasis pada perilaku adalah teori yang dikembangkan oleh Universitas lowa. Melalui serangkaian eksperimen kepemimpinan dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:
1.      Kepemimpinan otokratis (authoritarian)
Pemimpin yang otokratis adalah pemimpin yang banyak mengarahkan, tanpa memberikan kesempatan partisipasi bagi anggota.
2.      Demokratis (democratic)
Pemimpin yang demokrasi adalah pemimpin yang memberikan kesempatan kepada anggota untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.
3.      Bebas (lassiz faire)
Pemimpin bebas adalah pemimpin yang memberikan kebebasan penuh kepada anggota untuk mengambil keputusan sendiri-sendiri.

B.     Kepemimpinan dalam OHIO State University
Kategori-kategori perilaku kepemimpinan yang relevan dan mengembangkan kuesioner yang menjelaskan perilaku ini.
1.      Kategori Prilaku Pemimpin
Analisis factor terhadap respon-respon kuesioner menunjukkan bahwa para bawahan memandang perilaku penyelia mereka terutama berdasarkan dua kategori yang terdefinisi secara luas, yang satu berhubungan dengan tujuan tugas dan yang lainnya berhubungan dengan hubungan antar pribadi.
2.      Teori Perilaku Kepemimpinan
Teori ini terdiri dan dua dimensi yaitu struktur awal (initiating structure) dan pertimbangan (consideration). Struktur awal mengacu pada sejauh mana seorang pemimpin berkemungkinan menetapkan dan menstruktur perannya dan peran bawahannya dalam mengusahakan tercapainya tujuan. Struktur ini mencakup perilaku yang berupaya mengorganisasi kerja, hubungan kerja dan tujuan pertimbangan adalah sejauhmana seorang pemimpin berkemungkinan rnemilih hubungan pekerjaan yang dicirikan saling percaya menghargai gagasan bawahan, dan memperhatikan perasaan mereka.
C.    Kepemimpinan University Of Michigan
1. Perilaku yang berorientasi tugas.
2. Perilaku yang berorientasi hubungan.
     3. Kepemimpnan partisipatif

0 komentar:

Posting Komentar