Senin, 25 Januari 2016

BUDAYA DAN IKLIM ORGANISASI DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

logo_universitas_negeri_malang.jpgBUDAYA DAN IKLIM ORGANISASI DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN



MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Kepemimpinan Pendidikan
yang dibina oleh Dr.H.Kusmintardjo.M.Pd,



oleh
Ahmad Tohirin
140131603214
Prasetyo Budi Aji
140131603648
Vonny Angeli Sudharta
140131603603



UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
November 2015




A.    Pengertian Budaya Organisasi

Menurut Sonhadji dalam (Soetopo:2010) budaya organisasi adalah proses sosialisasi anggota organisasi untuk mengembangkan persepsi, nilai dan keyakinan terhadap organisasi. Budaya organisasi mengacu kepada norma, prilaku, asumsi, dan keyakinan dari suatu organisasi. William Ouchi dalam e-book (Sun’an, 2013: 2) mengartikan budaya organisasi sebagai simbolsimbol, upacara-upacara, dan mitos-mitos yang mengkomunikasikan nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan dasar dari organisasi.

Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi adalah suatu nilai, keyakinan, norma, asumsi dan mitos yang mempengaruhi cara bertindak individu dalam organisasi.



B.     Fungsi budaya organisasi

Dalam organisasi buaya merupakan jantung organisasi. Jika iklim organisasi merupakan seter maka budaya organisasi adalah sebagai baterainya. Fungsi budaya organisasi dibagi menjadi 2 yaitu fungsi eksternal dan internal.

Fungsi eksternal budaya organisasi adalah untuk melalukan adaptasi terhadap lingkungan di luar organisai oleh karena itu organisasi akan selalu ada penyesuaian semakin kuat budaya organisasi makin tidak mudah terpengaruh oleh budaya yang berkembang di lingkungan.

Fungsi internal yaitu berkaitan dengan integrasi berbagai sumber daya yang ada di organisasi termasuk sumberdaya manusia. Kekentalan fungsi integrasi semakin kuat jika di dalam organisasi berkembang norma, tradisi, peraturan dll, yang terus-menerus dipupuk oleh anggota organisasi.

Berikut merupakan fungsi budaya organisasi menurut Soetopo (2010: 167) yaitu :

1.      Memunculkan komitmen terhadap misi organisasi.

2.      Budaya mempunyai batasan dalam mendefinisikan fungsi yang dapatmembedakan antar organisasi.

3.      Budaya membuat organisasi mempunyai rasa identitas.


4.      Budaya memfasilitasi pembentukan komitmen dari kelompok.


5.      Budaya dapat mempertinggi stabilitas organisasi dalam sistem sosial.


6.      Budaya perupakan perekat sosial yang menyatukan organisasi, budaya tersebut menyediakan standar yang sesuai dengan tingkah laku anggotanya.

C.    Komponen – Komponen Budaya Organisasi.


            Menurut Soetopo (2010: 168-169) komponen – komponen budaya organisasi memiliki 12 karakteristik yaitu :


1.      Nilai – nilai, yaitu keyakinan milik bersama dan filsafat anggotanya.


2.   Pahlawan organisasi / keteladanan, yaitu anggota organisasi yang memiliki kepribadian terbaik dan memiliki nilai-nilai yang kuat tentang budaya organisasi.


3.      Tanggung jawab, artinya setiap pegawai bertanggungjawab atas setiap tindakan dan keputusan..


4.      Kebersamaan / intimasi, yaitu menciptakan situasi di dalam organisasi dimana setiap orang bias saling berhubungan.


5.     Otonomi individu, yaitu kebebasan, tanggung jawab, dan kesempatan individu untuk berinisiatif dalam organisasi.


6.      Tata aturan / norma, yaitu peraturan dan ketetapan yang digunakan untuk mengontrol perilaku pegawai.


7.      Dukungan, yaitu bantuan dan keramahan manajer terhadap pegawai.


8.     Identitas, yaitu kenalnya anggota terhadap organisasi secara keseluruhan, terutama informasi kelompok kerja dan keahlian profesionalnya.


9.      Hadiah perfomansi, yaitu alokasi hadiah yang didasarkan pada criteria performansi pegawai.


10.  Toleransi konflik, yaitu kadar konflik dalam hubungan antar sejawat atau kemauan untuk jujur dan terbuka terhadap perbedaan.


11.  Toleransi resiko, yaitu kadar dorongan terhadap pegawai untuk agresif, inovatif, dan berani menanggung resiko.


12.  Upacara simbolik, yaitu kegiatan untuk merayakan dan memperkuat intrepretasi nilai – nilai organisasi.

D. Karakteristik Budaya Organisasi


Dengan merujuk pada pemikiran Fred Luthan, dan Edgar Schein, yang dikutip oleh Sudrajat (2008).Di bawah ini akan diuraikan tentang karakteristik budaya organisasi di sekolah, yaitu tentang (1) obeserved behavioral regularities; (2)norms; (3) dominant value. (4) philosophy; (5) rules dan (6)organizationclimate. Yaitu sebagai berikut:


(1) Obeserved behavioral regularities; budaya organisasi di sekolah ditandai dengan adanya keberaturan cara bertindak dari seluruh anggota sekolah yang dapat diamati. Keberaturan berperilaku ini dapat berbentuk acara-acara ritual tertentu, bahasa umum yang digunakan atau simbol-simbol tertentu, yang mencerminkan nilai-nilai yang dianut oleh anggota sekolah.


(2)Norms; budaya organisasi di sekolah ditandai pula oleh adanya norma-norma yang berisi tentang standar perilaku dari anggota sekolah, baik bagi siswa maupun guru. Standar perilaku ini bisa berdasarkan pada kebijakan intern sekolah itu sendiri maupun pada kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Standar perilaku siswa terutama berhubungan dengan pencapaian hasil belajar siswa, yang akan menentukan apakah seorang siswa dapat dinyatakan lulus/naik kelas atau tidak. Standar perilaku siswa tidak hanya berkenaan dengan aspek kognitif atau akademik semata namun menyangkut seluruh aspek kepribadian


(3) Dominant values; yaitu adanya nilai-nilai inti yang dianut bersama oleh seluruh anggota organisasi, misalnya tentang kualitas produk yang tinggi, absensi yang rendah atau efisiensi yang tinggi; Nilai dan keyakinan akan pencapaian mutu pendidikan di sekolah hendaknya menjadi hal yang utama bagi seluruh warga sekolah


(4) Philosophy; yakni adanya kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan keyakinan organisasi dalam memperlakukan anggota sekolah. budaya organisasi ditandai dengan adanya keyakinan dari seluruh anggota organisasi dalam memandang tentang sesuatu secara hakiki, misalnya tentang waktu, manusia, dan sebagainya, yang dijadikan sebagai kebijakan organisasi


 (5) Rules; yaitu adanya pedoman yang ketat, dikaitkan dengan kemajuan organisasi. Setiap sekolah memiliki ketentuan dan aturan main tertentu, baik yang bersumber dari kebijakan sekolah setempat, maupun dari pemerintah, yang mengikat seluruh warga sekolah dalam berperilaku dan bertindak dalam organisasi. Aturan umum di sekolah ini dikemas dalam bentuk tata- tertib sekolah (school discipline), di dalamnya berisikan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh warga sekolah, sekaligus dilengkapi pula dengan ketentuan sanksi, jika melakukan pelanggaran


(6) Organization climate; merupakan perasaan keseluruhan (an overall “feeling”) yang tergambarkan dan disampaikan melalui kondisi tata ruang, cara berinteraksi para anggota organisasi, dan cara anggota organisasi memperlakukan dirinya dan pelanggan atau orang lain

E. Klasifikasi Budaya Organisasi

Menurut schein dalam Soetopo (2010:173) budaya dibagi menjadi 3 tingkat yaitu :


1.      Artifak dan kreasi, yaitu pola prilaku yang dapat dilihat atau di dengar.


2.      Nilai , dapat di uji dalam lingkungan fisik, tingkat lebih tinggi mengenai kesadaran


3.      Asumsi dasar, yaitu mengenai hubungan manusia dengan lingkungan dan manusia dengan manusia, atau hakekat sifat dasar manusia.

Sedangkan menurut John P. Kotter dan James L. Heskett memilah budaya organisasi menjadi ke dalam dua tingkatan yang berbeda. Tingkatan yang lebih dalam dan kurang terlihat, nilai-nilai yang dianut bersama oleh orang dalam kelompok dan cenderung bertahan sepanjang waktu bahkan meskipun anggota kelompok sudah berubah. Pada tingkatan ini budaya sangat sukar berubah, sebagian karena anggota kelompok sering tidak sadar akan banyaknya nilai yang mengikat mereka bersama.

Pada tingkat yang terlihat, budaya menggambarkan pola atau gaya perilaku suatu organisasi, sehingga karyawan-karyawan baru secara otomatis terdorong untuk mengikuti perilaku sejawatnya. Sebagai contoh, katakanlah bahwa orang dalam satu kelompok telah bertahun-tahun menjadi “pekerja keras”, yang lainnya “sangat ramah terhadap orang asing dan lainnya lagi selalu mengenakan pakaian yang sangat konservatif. Budaya dalam pengertian ini, masih kaku untuk berubah, tetapi tidak sesulit pada tingkatan nilai-nilai dasar.

F. Pengertian Iklim Organisasi
Budaya organisasi mengacu pada norma prilaku, asumsi, dan keyakinan dari suatu organisasi, sementara dalam iklim organisasi mengacu pada persepsi orang-orang dalam organisasi yang merefleksikan norma-norma, asumsi-asumsi dan keyakinan.
Menurut Hersey dan Blancard dalam Dion (2013) aktifitas yang dilakukan oleh manusia dapat berjalan dengan baik jika situasi dan kondisinya mendukung serta memungkinkan aktifitas itu terlaksana. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kondisi lingkungan kerjaan iklim organisasi sekolah harus diciptakan dengan sedemikian rupa sehingga guru merasa nyaman dalam melaksanekan tugas
Hoy dan Miskel dalam Suherman (2013) mengemukakan bahwa :
Organization climate is a relatively enduring quality of scool environment that experience by teachers affect their behavior, and is besed om their collective perpection of behavior in school. A climate emerges through the interaction of members and exchange of sentiment omong them. The climate of a school is its “personality”.
(Iklim organisasi adalah kualitas lingkungan sekolah yang berlangsung secara relativ yang dialami oleh guru memengaruhi sikap-sikapnya dan itu berdasarkan kepada kepentingan secara bersama tentang “sikap” di sekolah. Suatu iklim timbul melalui interaksi dari anggota dan pertukaran perasaan diantara mereka iklim organisasi sekolah adalah keperibadianya).
Dikatakan lebih lanjut, bahwa ada “tiga konsep” iklim yang berbeda telah digambarkan dan dianalisis Yaitu
(1) iklim terbuka, yaitu adanya karakteristik yang efektif,
(2) iklim sehat, yaitu adanya dinamika yang lebih sehat dari sekolah yang lebih besar adalah kepercayaan dan keeterbukaan dalam hubungan antar anggota dan prestasi siswa,
(3) iklim social, iklim social dai sekolah tersusun dalam rangkauan kesatuan yang panjang dalam orientasi pengawasan murid dari penjagaan sampai ke perikemanusiaan. Penjagaan adalah pengawasan baku, timbul dalam konsentrasi utamanya adalah pemerintah. Sekolah berfikir kemanusiaan adalah karakter dengan penekanan pada disiplin pribadi siswa dan tukar pendapat pengalamen dan kegiatan siswa dan guru.
Dengan demikian, iklim organisasi sekolah data didefinisikan sebagai suasana lingkungan sekolah, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial pekerjaan yang dapat dirasakan oleh orang-orang yang terlibat didalam proses pembelajaran, langsung atau tudak langsung yang tercipta akibat kondisi kultural organisasi sekolah tersebut

G. Tipe-tipe Iklim Organisasi Sekolah
            Menurut Suherman (2011) terdapat 4 klasifikasi iklim organiasi yaitu :

1.      Iklim Terkendali (engaged climate)
Iklim terkendali ditandai dengan usaha yang tidak efektif oleh pimpinan untuk mengontrol dan adanya kinerja professional dari para guru. Pimpinan keras dan autokratik, dengan memberikan petunjuk, intruksi, perintah yang tinggi dan tidak respek kepada kemampuan profesional serta kebutuhan para guru. Selain iu pimpinan menghalangi para guru dengan aktivitas yang berat. Para pegawai tidak mempedulikan prilaku pimpinan dan memperlakukan mereka sendiri seperti para perofesional. Mereka satu sama lain saling menghormati dan saling mendukung, mereka bangga akan pesan kerja mereka dan menikmati pekerjaan, mereka benar-benar berteman. Selain itu guru tidak hanya respek atas kemampuan mereka masing-masing, tetapi mereka juga menyukai satu sama lain (benar-benar intim). Guru-gurunya profesional dan produtifitas walaupun memiliki pimpinan yang lemah, para guru bersatu, komitmen, mendukung dan terbuka.

2.      Iklim Lepas (disengaged climate)
            Iklim ini ditandai dengan adanya prilaku pimpinan bersifat terbuka, peduli dan mendukung. Pimpinan mendengar dan terbuka terhadap guru (sangat mendukung), nenberi kebebnasan terhadap untuk berbuat sesuai deengan pengetahuan profesional mereka. Namun demikian, guru tidak mau menerima pimpinan, guru secara aktif bekerja untuk melakukan sabotase terhadap pimpinan, guru tidak memperdulikan pimpinan. Guru tidak hanya tidak menyukai pimpinan, tetapi mereka tidak respek dan tidak menyukai satu sama lain (intimasi rendah atau hubungan kolega yang rendah). Guru benar-benar terlepas dari tugas-tugas.

3.      Iklim Tertutup (closed climate)
Pada iklim tertutup, pimpinn dan bawahan benar-benar terlihat melakukan usaha, pimpinan menekankan pekerjaan yang kurang penting dan pekerjaanya sendiri, sedangkan guru merespon secara minimal dan menunjukan komitmen yang rendah. Kepemimpinan atasan terlihat sebagai pengawasan, kaku, tidak peduli, tidak simpatik dan memberikan dukungan yang rendah. Bahkan pimpinan menunjukan kecurigaan, kurangnya perhatian terhadap guru, tertutup, kurang fleksible, apatis dan tidak komitmen.

4.      Iklim Terbuka (open climate)
Iklim terbuka ditandai dengan adanya kerjasama dan respek diantara guru dan pimpinan. Kerjasama tersebut menciptakan iklim dimana pimpinan mendengarkan dan terbuka tehadap guru, peimpinan memberikan hadiah yang benar-benar ikhlas, terus menerus, dan respek terhadap kemampuan professionallisme dari guru (dukungan yang tinggi) serta memberikan kebebasan kepada guru untuk berbuat. Perilaku guru mendukung, terbuka, dan hubungan dengan teman sejawat tinggi. Guru menunjukan pertemanan yang terbuka (intimasi tinggi), dan komitmen terhadap pekerjaan. Singkatnya antara pemimpin dan guru saling terbuka.

H. Dimensi dan Indikator-indikator Iklim Organisasi Sekolah
Iklim Organisasi Sekolahdipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan internal dan eksternal baik lingkungan fisik maupun lingkungan non fisik.
Aspek-aspek lingkungan fisik yang mempengaruhi ikilm organisasi sekolah meliputi (1) kebersihan ruangan dan halaman, (2) kesehatan personil (guru, tata usaha dan siswa), (3) ketertiban dalam melaksanakan aturan atau kesepakatan bersama, (4) interaksi kerjasama antar sekolah dengan masyarakat, (5) bukti monumental hasil kerja sama sekolah dengan masyarakat, dan (6) pernyataan bersama saling membutuhkan saling membantu antar sekolah dan masyarakat.
Sedangkan aspek-aspek non fisik, meliputi (1) rasa keluarga dan kebersamaan personil, (2) semangat dan komitmen kerja personil, (3) kebanggaan melaksanakan tugas, dan (4) saikap saling membantu antar personil.
Berkaitan dengan ini, maka pengukuran iklim organisasi sekolah akan dilakukan melalui beberapa indikator yang terkait dan mempengaruhi pembelajaran di sekolah, meliputi (1) kondisi fisik pekerjaan, meliputi aspek sarana dan prasarana, kesejaterahan dan penghargaan, (2) kondisi sosial pekerjaan meliputi aspek keprcayaan, desain pekerjaan, pengendalian, iklim kepemimpinan, komunikasi dan interaksi, perumusan tujuan, dan penetapan kebijakan serta pengambilan keputusan.

I.       Hubungan antara perilaku pemimpin, budaya organisasi, iklim organisasi dan keefektifan organisasi.
Budaya organisasi mempengaruhi keefektifan organisai. Budaya organisasi yang kuat adalah keadaan dimana setiap karyawa mengetahui tujuan organisasi dan mereka bekerja untuk organisasi tersebut. Sedangkan budaya yang lemah tujuan karyawan berbeda beda, kurang kejelasan aturan dan kebersamaan karyawan kurang. Namun tidak selalu budaya organisasi kuat selalu efektif melainkan dilihat kembali situasi yang ada.
Perilaku kepemimpinan mempengaruhi budaya organisasi, sedangkan budaya iklim mempengaruhi iklim organisasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi dipengaruhi oleh prilaku kepemimpinan, sementara budaya organisasi mempengaruhi budaya organisasi dan keefektifan organisai. Budaya organisasi yang kuat diikuti makin terbukanya iklim organisasi yang terbuka, dan pada saatnya akan meningkatkan keefektifan organisasi.



DAFTAR RUJUKAN


Soetopo, H. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Dion. 2013. Iklim dan Budaya Organisasi, (Online), (http://adpen.upi.edu/lopen/iklim-dan-budaya-organisasi-pendidikan.html) diakses tanggal 20 Oktober 2015.

Sun’an A. 2013. Budaya dan Iklim Organisasi,(Online), (http://ebook-softwaregratis.blogspot.com/Budaya-dan-Iklim-Organisasi.html), diakses tanggal 25 Oktober 2015.

Suherman, A. 2011. Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah,(Online), (http://adesuherman.blogspot.com/2011/06/Pengaruh-Iklim-Organisasi-sekolah), diakses tanggal 25 Oktober 2015

0 komentar:

Posting Komentar